Sabtu, 15 Desember 2007

Menuju Grahadi


Ini juga salah satu bangunan yang punya nilai sejarah tinggi. Di depan bangunan ini acapkali digunakan sebagai tempat aksi unjukrasa. Tapi itu tidak masalah, nilai eksotismenya tetap kental.

Gedung tepatnya berada di Jalan Gubernur Suryo No 7, Surabaya. Kata Grahadi yang berasal dari bahasa Sansekerta yang mempunyai arti Rumah yang bagus, didirikan tahun 1795 oleh penguasa VOC(Vereenidge Oost Indische Compani) Perserikatan Dagang Hindia Belanda.

Awalnya bangunan ini hanyalah merupakan rumah taman (tuinhuis) seorang bangsawan Belanda (Dirk Van Hogendorp) yang menghadap ke arah sungai Mas, kemudian berubah menjadi rumah residen(residentswoning).

Bangunan induk seluas 2.416 m2, bangunan pendukung 4.125,75 m2 dibangun dengan gaya arsitektur Perancis dengan arsitek Deandels. Gaya the Empire Style dengan gaya pilar Yunani(Doric)

Gedung ini sejak Gubernur Samadikoen(1949-1957) hingga saat ini disamping sebagai tempat kerja juga digunakan sebagai gedung Negara tempat menerima dan menjamu tamu-tamu negara yang datang berkunjung ke Jawa Timur(Surabaya).

Nah bagi yang ingin ke Surabaya, jangan lupa mampir untuk bergaya didepannya. Di jamin asyik banget, apalagi kalau berfoto di malam hari. Aduh cakep banget..eksostik abisssss.

Tidak ada komentar: